Selamat Datang!

Belantara Aksara merupakan gerakan yang digagas oleh sekelompok pemuda Desa Lowa lewat buku serta aktivitas-aktivitas kreatif lainnya demi memperluas wawasan sekaligus membantu kemajuan NKRI.


Belantara Aksara tidak hanya terfokus pada Taman Bacaan tetapi juga Taman Kreasi. Di sini, kami mengadakan berbagai kegiatan yang membuka wawasan luas (terutama wawasan nyentrik positif yang tidak diajarkan di sekolah formal).


Kalian bisa menghubungi kami lewat kontak berikut:

by

4 Film Animasi Pendek Stop-Motion Super Keren Yang Wajib Kamu Tonton


Nggak sedikit nih di antara kita yang menyukai film animasi.

Dan ngomong-ngomong soal animasi, Belantara punya beberapa rekomendasi film animasi pendek yang agak nyeleneh nih. Kenapa dibilang begitu? Sebab dari jalan ceritanya, desain karakter, hingga makna yang terkandung di dalam film tersebut sangatlah berbeda dari kebanyakan film animasi pendek lain yang pernah dibuat. Bila ditonton secara seksama, film tersebut mengandung makna yang bisa membuka hati maupun pikiran kamu jadi lebih peka terhadap lingkungan dan kehidupan sekitar. Penasaran? Lebih baik kamu tonton sendiri deh daftar film animasi pendek bertema unik berikut.

Jacinta



Diawali dengan sepotong tanaman di dalam pot yang tumbuh, berbunga, hingga layu, animasi ini punya jalan cerita yang menyedihkan. Dari awal sampai akhir, kamu akan menemukan kenyataan bahwa hidup yang kamu jalani saat ini amatlah singkat. Tidak berbeda seperti sepotong tanaman yang nantinya akan layu dan mati. Meskipun pada suatu momen dalam hidup, kamu pernah mencapai puncak kesuksesan seperti bunga yang mekar dengan indahnya.

Selain dari jalan ceritanya yang menarik, desain karakter yang disajikan dalam film ini pun patut diacungi jempol. Kamu tahu kan film animasi Coraline atau Mary and Max? Nah, begitulah wujud film animasi ini.

Zero



Zero berarti nol. Yup, film ini menceritakan tentang karakter 'Zero' yang merupakan orang rendahan. Dari lahir, tumbuh, hingga dewasa hidup Zero selalu dipandang sebelah mata dan ditindas. Bisa dibilang penggambaran yang ada di film ini amat menyakitkan. Bagaimana tidak? Selain sesama manusia yang selalu memandang Zero sebelah mata, bahkan bebek pun melakukan hal yang sama pada Zero.

Zero merupakan animasi stop-motion yang karakternya dibuat dari benang-benang. Di setiap dada para karakter tercetak nomor-nomor yang menyimbolkan status dari para karakter tersebut. Disuguhkan dengan grafik dan jalan cerita yang matang, Christopher Kazelos selaku sutradaranya, telah membuat animasi ini memenangi berbagai penghargaan dan telah diterjemahkan ke dalam 35 bahasa di dunia loh!

The Maker



Dari awal melihat film animasi satu ini, Belantara amat terkagum-kagum dengan ide yang diusung oleh para pembuatnya. Baik dari segi desain maupun jalan ceritanya, sangat out of the box. Ini merupakan film animasi stop-motion karya Christopher Kezelos juga, di mana para karakternya terbuat dari boneka sungguhan. Film ini menceritakan tentang seekor kelinci yang berpacu dengan waktu demi menciptakan makhluk terbaik dan tercantik di dunia. Apa yang bisa kita tangkap dari film ini adalah "life is what you make it, and we are all makers in this world”.
  

Madame Tutli-Putli



Ini adalah salah satu film stop-motion animasi pendek terkeren yang pernah ada. Bercerita tentang Madame Tutli-Putli yang pada suatu malam melakukan perjalanan dengan kereta misterius. Di tengah film, muncul perampok yang memotong perut seorang penumpang pria di depannya, ia pun mencoba lari agar terbebas dari kereta tersebut. Kisah horor yang disajikan oleh Chris Lavis dan Maciek Szczerbowski selaku sutradara ini, membuat para penonton ketagihan dan mengacungkan dua jempol pada mereka. Dari keseluruhan film ini, bagian yang paling penulis suka adalah mata dari Madame Tutli-Putli. Lho, kok bisa? Lihat sendiri saja deh kalau kamu penasaran.

Nah, dari semua film animasi pendek di atas, mana nih yang jadi favoritmu? Atau malah tertarik untuk membuat film animasi pendek sendiri mungkin?

0 comments:

Post a Comment