Selamat Datang!

Belantara Aksara merupakan gerakan yang digagas oleh sekelompok pemuda Desa Lowa lewat buku serta aktivitas-aktivitas kreatif lainnya demi memperluas wawasan sekaligus membantu kemajuan NKRI.


Belantara Aksara tidak hanya terfokus pada Taman Bacaan tetapi juga Taman Kreasi. Di sini, kami mengadakan berbagai kegiatan yang membuka wawasan luas (terutama wawasan nyentrik positif yang tidak diajarkan di sekolah formal).


Kalian bisa menghubungi kami lewat kontak berikut:

by

5 Ide Besar Dunia Ini Ternyata Berasal Dari Mimpi

Apa persamaan yang dimiliki oleh orang-orang sukses? Mereka tentu saja memiliki kesamaan dalam hal prestasi, kerja keras, komitmen, dan kesemuanya itu berasal dari sebuah mimpi. Beberapa di antaranya bahkan mendapatkan ide brilian mereka dari sebuah mimpi dalam artian sebenarnya. Bukan mimpi yang berarti harapan atau cita-cita, melainkan mimpi ketika seseorang tidur. Salah satunya adalah Larry Page, si jenius penemu Google. Tetapi, selain beliau ada juga penemu sukses lain yang ide cemerlangnya muncul dari mimpi. Nah, siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Tabel Periodik Unsur Pertama



Dmitri Mendeleev, pria kelahiran tahun 1834 adalah salah seorang kimiawan termasyhur pada masanya. Ia tertantang untuk menggambarkan seluruh elemen alam yang telah ditemukan agar mudah dipahami oleh banyak orang namun tetap ilmiah. Meski ia tahu kalau ada sebuah jawaban untuk masalahnya ini, namun ia tidak tahu pasti bagaimana cara menyelesaikannya.

Hingga pada suatu malam ia bermimpi. Di buku diarinya, Dmitri menulis, "Di mimpi, aku melihat sebuah tabel di mana semua elemen jatuh dari langit dan tertata sempurna di tabel tersebut. Begitu bangun, dengan segera aku menuliskannya di sebuah sobekan kertas."

Ia menggambar tabel dan menaruh elemen kimia di atasnya dan diterbitkan pada tahun 1869. Dari sinilah tabel periodik modern berasal, di mana saat ini elemen-elemen tersebut tertata secara sempurna berdasarkan takaran proton dan atomnya.

Google



Ketika masih menjadi mahasiswa tahun 1996, Larry Page punya perasaan bahwa satu-satunya alasan mengapa ia berhasil masuk sebagai ranking satu di universitas tersebut merupakan kesalahan administrasi. Semenjak itu kecemasan sering datang menghantuinya. Pikiran bahwa kapan saja ia bisa ditendang dari universitas membuatnya gelisah hingga mendapatkan mimpi-mimpi aneh.

Dalam salah satu mimpinya, Larry merasa bisa mengunduh dan menyimpan seluruh halaman website di komputer pribadinya. Hal ini tentu saja merupakan suatu kemustahilan pada masa itu. Namun, ketika bangun Larry langsung melakukan perhitungan matematis apakah hal yang ada di mimpinya itu mungkin terjadi. Nyatanya hal itu memanglah mustahil, karena untuk menyimpan seluruh halaman web yang ada di dunia ini dibutuhkan bandwidth yang luar biasa besar. Larry tidak menyerah, ia terus berusaha keras dengan membuat tautan atau jalan pintas menuju sebuah website. Dan bingo! Kini kita telah sangat terbantu dengan adanya google, yang ternyata idenya berasal dari sebuah mimpi.

Film Terminator



Ide awal dari salah satu film sci-fi paling terkenal di dunia ini adalah ketika James Cameron mendapatkan sebuah mimpi saat dirinya sedang demam tinggi. Waktu itu James berada di Roma sedang menyelesaikan  potongan terakhir film Piranha II. Mimpi itu menggambarkan sebuah dunia masa depan yang aneh. Ia melihat robot yang dapat menggunakan pisau dapur sebagai alat pertahanan. Dan dari sinilah Terminator lahir. Ide mengenai  robot ninja yang bertarung di masa depan tersebut membuat Cameron menuliskan tentang mimpi itu.

Teori Relativitas Einstein



Salah satu penemuan Albert Einstein yang paling populer, Teori Relativitas ternyata terinspirasi dari sebuah mimpinya yang aneh. Dia bermimpi melihat banyak sapi yang melewati pagar beraliran listrik namun tidak terganggu dengan itu. Einstein pun menyentuh pagar tersebut dan heran mengapa sapi-sapi itu tidak tersetrum. Ia pun kemudian menyadari bahwa pagar tersebut kehabisan energi.

Dalam lanjutan mimpinya, seorang petani datang dan mengganti aki pada pagar itu. Segera setelah aki baru terpasang, sapi-sapi tadi pun melonjak kaget terlempar dari pagar. Melihat kejadian itu, Einstein pun mendatangi si petani dan menceritakan betapa lucunya saat sapi-sapi itu terpental dari pagar. Namun mendengar cerita Einstein, si petani justru kebingungan karena tak melihat seekor sapi pun terlempar saat ia mengganti aki pada pagar listrik miliknya. Dari mimpi ini, Einstein menyadari sesuatu. Ia mendapatkan ide untuk meneliti sebuah fenomena unik di mana pada saat terjadi suatu peristiwa yang sama, kadangkala reaksi orang berbeda-beda tergantung dari sudut pandang mana dan kapan ia melihatnya. Dari sinilah ide dasar teori relativitas yang kita kenal saat ini berasal.

Inception Karya Christopher Nolan



Tidak mengejutkan kalau Inception yang notabene merupakan film tentang mimpi juga terinspirasi dari sebuah mimpi. Film yang diperankan oleh Lenoardo DiCaprio ini mengisahkan tentang sebuah dunia yang dapat memanipulasi mimpi dengan segala kerumitannya. Meskipun mengisahkan tentang mimpi, namun film ini sangat luar biasa karena ditata sangat apik oleh si jenius Christopher Nolan.

Ide film ini berawal setelah Nolan membaca beberapa kasus mengenai orang yang berusaha merubah kejadian di dunia lewat mimpi atau biasa disebut dengan lucid dream. Setelah membaca kasus-kasus unik ini, ia pun mendapatkan ide tentang orang-orang yang mampu masuk ke dalam mimpi orang lain dan memanipulasinya. Hingga saat terbangun orang tersebut mau melakukan sugesti yang telah ditanamkan dalam mimpinya itu. Nah, dari sinilah garis besar film Inception muncul dan menjadi salah satu film terbaik yang pernah dibuat.

0 comments:

Post a Comment