Selamat Datang!

Belantara Aksara merupakan gerakan yang digagas oleh sekelompok pemuda Desa Lowa lewat buku serta aktivitas-aktivitas kreatif lainnya demi memperluas wawasan sekaligus membantu kemajuan NKRI.


Belantara Aksara tidak hanya terfokus pada Taman Bacaan tetapi juga Taman Kreasi. Di sini, kami mengadakan berbagai kegiatan yang membuka wawasan luas (terutama wawasan nyentrik positif yang tidak diajarkan di sekolah formal).


Kalian bisa menghubungi kami lewat kontak berikut:

by

Demi Selamatkan Lautan, Putri Duyung Ini Rela Arungi Kubangan 10000 Botol Plastik!

Siapa yang ketika kecil dulu suka berangan-angan ingin menjadi seorang putri duyung? Punya ekor indah, hidup di bawah lautan luas, dan bertemu dengan beragam hewan laut eksotis merupakan dambaan yang sangat menyenangkan. Namun kenyataannya, apabila putri duyung benar-benar ada, hidup mereka juga akan sama menderitanya seperti hewan laut lain. Kenapa? Tentu saja kita tahu bahwa saat ini bumi sedang dalam keadaan sekarat akibat ulah manusia.


Tiap tahun, manusia membuang sampah plastik yang bisa mengitari bumi hingga empat kali. Fakta yang mengejutkan bukan? Dan banyak dari sampah tersebut dibuang ke lautan, berkumpul dalam habitat makhluk laut. Hewan seperti kura-kura, burung, dan ikan akan mengira bahwa plastik yang ada di sekitar mereka adalah makanan. Padahal setelah tertelan, sampah-sampah itu otomatis akan mencekik dan membunuh mereka. Di samping itu, plastik juga dapat menimbulkan polusi berupa pelepasan toksin dan mengubah kualitas air menjadi tercemar.

Untuk memerangi hal ini, seorang fotografer asal Montreal bernama Benjamin Von mengadakan sebuah proyek bertajuk "Mermaids Hate Plastic". Von, yang pada dasarnya memang menyukai lautan ingin menyadarkan masyarakat Amerika bahwa setiap individu di negara tersebut menggunakan sekitar 167 botol plastik tiap tahunnya. Itu berarti 10.000 botol plastik dibuang percuma selama kurun waktu 60 tahun masa hidup seseorang.

Dalam mengerjakan proyek ini, Von menggunakan 10.000 botol plastik yang diambil dari Pusat Pengelolaan Barang Bekas Tomra. Hasilnya, seperti yang bisa kita lihat, foto-foto di bawah ini sangatlah luar biasa. Selain unik, karya Benjamin Von tersebut juga memiliki hawa mistis yang memikat hati.

Pencemaran Plastik Merupakan Suatu Masalah Besar



80% Sampah Plastik Berakhir di Lautan dan Mempengaruhi Kehidupan Ekosistem Di Sana



Setiap Individu Menghasilkan 10.000 botol Plastik Selama Masa Hidup 60 Tahunnya



Persiapan Sebelum Photoshoot



Proyek Ini Bertujuan Untuk Mengajak Semua Masyarakat Agar Mau Peduli Pada Lingkungan



@sudutpucuk


0 comments:

Post a Comment