Selamat Datang!

Belantara Aksara merupakan gerakan yang digagas oleh sekelompok pemuda Desa Lowa lewat buku serta aktivitas-aktivitas kreatif lainnya demi memperluas wawasan sekaligus membantu kemajuan NKRI.


Belantara Aksara tidak hanya terfokus pada Taman Bacaan tetapi juga Taman Kreasi. Di sini, kami mengadakan berbagai kegiatan yang membuka wawasan luas (terutama wawasan nyentrik positif yang tidak diajarkan di sekolah formal).


Kalian bisa menghubungi kami lewat kontak berikut:

by

Unik! Desainer Ini Ciptakan Perhiasan Dari Beras Indonesia

Selama ini kita tahu kalau perhiasan biasanya terbuat dari bahan-bahan yang langka dan mahal seperti mutiara, emas, atau berlian. Tetapi, tahukah kamu kalau perhiasan juga dapat dibuat dari beras? Di Bandung hal ini benar-benar ada dan nyata. Julia, seorang perancang busana dari Austria merupakan nama dibalik penciptaan perhiasan ini. Ia dan rekannya, Ega, kemudian mendirikan Environmental Jewelry.


Meskipun pendirinya merupakan orang Austria, namun bahan utama yang digunakan oleh Julia berasal dari Indonesia, yaitu beras. Ia dan Ega menciptakan perhiasan cantik itu dengan beras Indonesia dan resin yang mudah terurai. Mereka bercita-cita untuk membangun masa depan yang berkesinambungan. Oleh karenanya, mereka memanfaatkan bahan ramah lingkungan bagi produk perhiasan tersebut.

Julia mengakui bahwa membuat perhiasan dari bahan yang ramah lingkungan itu memiliki tantangan tersendiri. Awalnya, ia mengerjakan proyek khusus ramah lingkungan untuk studi masternya di London. Tujuan dari proyek tersebut adalah membuat kristal dari bahan yang ramah lingkungan. Nah, karena hobinya memasak, ia berpikir kenapa tidak menggunakan makanan saja sebagai bahan bakunya? Dari pemikiran tersebut Julia pun mulai bereksperimen di dapurnya. Hingga ia mengetahui bahwa beras Indonesia merupakan bahan yang sempurna untuk pembuatan produk ini. Ia menyukai tekstur dan bentuk yang bisa diciptakan darinya. Ia telah bereksperimen menggunakan beras selama kurun waktu empat tahun.


Membuat perhiasan menggunakan beras merupakan sesuatu yang tidak mudah dan membutuhkan banyak waktu. Satu produk bahkan bisa memakan waktu sampai tiga hari. Hal ini disebabkan karena seluruh proses pengerjaannya dibuat secara handmade.


Kolaborasi antara Julia dan Ega kini telah berhasil menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Di masa mendatang, mereka merencakan untuk menghasilkan kolaborasi yang lebih menarik lagi. Tujuannya adalah untuk terus tumbuh besar di Indonesia bahkan di dunia internasional.

0 comments:

Post a Comment