Selamat Datang!

Belantara Aksara merupakan gerakan yang digagas oleh sekelompok pemuda Desa Lowa lewat buku serta aktivitas-aktivitas kreatif lainnya demi memperluas wawasan sekaligus membantu kemajuan NKRI.


Belantara Aksara tidak hanya terfokus pada Taman Bacaan tetapi juga Taman Kreasi. Di sini, kami mengadakan berbagai kegiatan yang membuka wawasan luas (terutama wawasan nyentrik positif yang tidak diajarkan di sekolah formal).


Kalian bisa menghubungi kami lewat kontak berikut:

by

5 Poin Penting Untuk Meningkatkan Kualitas Tampilan Artikel

Ada kemungkinan artikel postinganmu bakal gagal menarik banyak pengunjung walaupun memiliki kualitas tingkat dewa. Lah, kok bisa? Bukankah artikel berkualitas tinggi itu secara otomatis akan menghasilkan banyak pengunjung? Kan kontennya sudah bagus, kata-katanya juga mengena, apalagi yang salah?

Sayangnya tidak semudah itu. Ada masalah lain. Pengunjung bakal lari duluan kalau penampilan blogmu tidak diformat secara efektif. Ide sih boleh cerdas, kata-katanya boleh hebat meresap ke tulang, tapi kalau tampilannya acak-acakan kan sama saja bohong. Dikira amateur jadinya.

Hukum membuat postingan efektif itu wajib. Tujuannya tentu saja agar pengunjung betah berlama-lama nongkrong di blog kamu. Memberikan nuansa baru. Membuat mereka senang karena tampilan yang segar. Sebab, mulai dari judul, paragraf, penggunaan warna dan font, sampai atribut pendukung lain adalah hal yang akan dilihat pengunjung ketika mereka membaca artikel kamu.

Nah, berikut merupakan poin-poin yang harus kamu perhatikan agar tampilan artikel blog kamu makin kece bin badai.

Judul Artikel: Besar Atau Kecil?

Kalau mengingat pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, maka huruf pertama setiap kata dalam judul harus ditulis dengan huruf besar. Ini adalah bentuk paling nyaman bagi mata pengunjung untuk melihat sebuah judul. Memang, untuk beberapa kasus ada  judul yang harus ditulis dengan huruf besar semua. Tapi itu untuk karya tulis dan semacamnya. Bukan untuk artikel dalam blog post.

Jujur, saya pribadi suka risih kalau melihat judul yang seenak jidat. Ada yang menulis kecil semua, ada yang besar semua, sampai ada yang mecampurkan keduanya sehingga terkesan alay. Bentuk judul yang seperti itu biasanya tidak akan ada yang mengeklik. Secara spontan, orang-orang akan berpikiran bahwa si pembuat artikel adalah newbie tingkat tinggi. Mereka juga akan mengira bahwa artikel tersebut adalah artikel spam yang banyak bertebaran di facebook.

Judul artikel itu harus jelas dan efektif. Tidak boleh ada unsur alay di dalamnya. Judul harus tebal, berukuran besar, tajam, dan bersih.

Gambar dan Kualitasnya

Gambar bisa mewakili seribu kata. Sebagai perbandingan nih, seseorang membutuhkan setengah menit untuk membaca deskripsi seekor gajah yang sedang pup di kandangnya. Namun, berbeda dengan gambar. Sekali lihat, sepersekian detik kemudian, orang akan langsung tahu kalau itu merupakan gambar gajah yang lagi pup. Hehe.

Oke, kembali ke jalan yang benar. Sebuah postingan yang memuat artikel begitu panjang tanpa memasukkan gambar seperser pun, itu sama dengan konyol. Kelihatan boring dan membikin pengunjung ingin lari duluan. Kamu perlu menggunakan paling tidak satu atau dua dalam setiap postingan. Gunakan gambar yang mendeskripsikan artikel kamu itu. Cari yang resolusinya bagus tetapi tidak terlalu berat untuk dimuat.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan gambar bergerak alias gif. Gif biasanya digunakan untuk selingan "komedi" biar segar sedikit. Gif ini bakal membantu sekali kalau kamu sedang tidak menghendaki video dalam postingan. Kamu bisa cari gambar gif di sini.

Buat Artikel Menjadi Beberapa Poin

Umumnya, pengunjung akan memandang sekilas dulu sebelum memutuskan untuk membaca keseluruhan artikel. Nah, karena hal itu, maka kamu wajib untuk memisahkan artikel menjadi beberapa poin dengan memanfaatkan sub-heading. Dengan begitu, mereka akan langsung tahu artikel kamu itu membahas tentang apa.

Memisahkan artikel dengan sub-heading juga tidak akan membuat pengunjung cepat bosan dan merasa ngantuk. Kemungkinan bacanya jadi bisa berlipat ganda.

Buka External Link di Tab Baru

Tidak melulu teks atau gambar, seringkali kita juga harus memasukkan link eksternal ke dalam postingan blog. Saran saya, ketika kamu mau memasukkan link eksternal, lebih baik buat link tersebut terbuka di tab baru. Caranya dengan menambah atribut rel="_blank". Dengan begitu, maka pengunjung bisa dengan mudah kembali ke blog kamu tanpa perlu loading lagi.

Tandai Kata-kata yang Penting

Menandai kata atau kalimat yang penting itu wajib bin banget. Biar makin tegas dan bikin greget. Kamu bisa menandainya dengan berbagai cara: meng-highlight, mengganti warna font, memperbesar ukuran font, membuat kalimat tersebut jadi huruf kapital semua, atau hanya menebalkannya. Dengan begini, maka inti kalimat tersebut jadi mudah tertangkap oleh mata pengunjung.

Jadi, masih mau mengabaikan penampilan postingan? Membiarkannya jelek dan acak-acakan? Hah! Jangan sampai deh diremehkan oleh pengunjung hanya karena tampilan artikel yang tidak rapi dan membosankan.

0 comments:

Post a Comment